Selasa, 19 Mei 2009

Tip's merawat Anis merah

1. Pagi sekitar pukul 06:00 ( lebih pagi lebiih bagus ) burung dikeluarkan dari rumah dan kerodong dibuka, burung digantang biarkan burung terkena embun pagi,

2. Pukul 07:00 burung mulai dimandikan dengan menggunakan keramba, biarkan burung mandi sampai puas.

3. kemudian burung dijemur selama ½ -1 jam ( proses ini dilakukan secara bertahap, tergantung apakah burung tahan jemur lama apa tidak ), berikan 2 ekor jangkrik dan 3 ekor cacing. Kroto dan buah bisa diberikan 2X dalam 1 minggu secara bergantian. Cek Voor, apabila tinggal sedikit bisa ditambahkan, dan ganti minuman dengan yang baru.

4. Kemudian burung diangin-anginkan, setelah sekitar 1 jam burung di kerodong untuk istrahat.

5. Sore harinya burung kembali dikeluarkan untuk dimandikan dan dijemur, prosesnya sama dengan pagi hari, tetapi apabila burung tidak mau mandi jangan dipaksakan, lebih baik hentikan proses memandikannya. Berikan 2 ekor jangkrik dan 2 ekor cacing.

6. Kemudian burung diangin-anginkan, setelah mulai gelap burung dikerodong dan dimasukkan.

7. Malam harinya sekitar antara pukul 22:00 burung burung kembali dibuka dari kerodong, berikan 2 ekor jangkrik dan 1 ekor cacing, jemudian burung dimandikan menggunakan keramba ( bisa dilakukan didalam rumah ), biarkan burung mandi hingga tuntas. Lebih baik lagi tangkringan keramba diambil dan biarkan kaki burung terendam air, proses ini guna menstabilkan birahi burung tersebut.

8. Kemudian burung diangin-anginkan hingga kering dan selanjutnya dikerodong.

Untuk pemberian Extrafooding bisa disesuaikan dengan perkembangan burung tersebut, tergantung burung lebih suka extafooding yang mana, tidak ada salahnya kalau kita turuti.

Selamat mencoba dan semoga berhasil...

Anis Merah ngurak atau mabung.

Proses perontokan bulu anis merah tidak semuanya berlangsung cepat, hal ini tergantung bagaiman kita merawatnya. Apabila burung mulai menurunkan bulu besar, lebih baik burung tidak diberikan Extrafooding, hanya diberikan voor saja ( sesekali bisa diberikan kroto ) dan hentikan proses memandikan dan penjemuran, burung hanya di kerodong dan dibuka ketika akan memberikan pakan dan minuman, untuk kotoran bulu sendiri tidak perlu dibersihkan dari kandang guna memicu proses perontokan burung tersebut. Setelah bulu burung kelihatan baru semua, burung mulai diperlakukan secara normal lagi. di berikan extrafooding, dimandikan dan dijemur tetapi jangan lama-lama karena akan menyebabkan bulu rusak, perlu proses bertahap, karena kondisi burung sendiri belum fit.

Demikian sedikit informasi yang mungkin dapat membantu mengatasi permasalahan ketika Anis merah anda mengalami proses mabung yang kurang sempurna.

Selamat mencoba dan semoga berhasil...

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda