Senin, 11 Mei 2009

Tips merawat Cucak Hijau agar tampil Mgentrok dan Njambul.

Tips merawat Cucak Hijau agar tampil Mgentrok dan Njambul.

1. Pagi pukul 06:00 burung dikeluarkan dari rumah, buka kerodong dan biarkan burung berkicau.

2. Pukul 07:00 mandikan burung dengan menggunakan kerambah, dan biarkan burung mandi sampai tuntas. Dengan catatan cuaca tidak mendung.

3. Kemudian burung dijemur dan berikan jangkrik atau belalang 3-5 Ekor, ulat hongkong 3 ekor, pemberian ulat hongkang diberikan 3X dalam seminggu. Pada saat penjemuran lebih baik pemberian buah dan minuman tidak diberikan.

4. Setelah burung dijemur antara 2-3 jam, ( tergantung kondisi burung tersebut tahan jemur lama apa tidak.) burung diangin-anginkan selama beberapa menit.

5. Berikan buah segar dan minuman. Untuk buah dan minuman harus diganti tiap hari dengan yang baru. buah yang diberikan antara lain pisang dan apel.

6. Biarkan selama beberapa menit, kemudian burung dikerodong.

7. Sore harinya antara jam 15:00 Burung siap untuk dimandikan lagi, prosesnya sama dengan pagi hari, tapi untuk ulat hongkong tidak perlu diberikan.

8. Pada hari (H-3 dan H-2) menjelang lomba perlakukan sama mandi dan jemur, namun untuk pemberian Extra fooding seperti jangkrik atau belalang ditambah 7-10 ekor, pagi dan sore. Untuk ulat hongkong tetap pagi hari antara 3-5 ekor.

9. Pada hari (H-1) menjelang lomba burung hanya dimandikan dan jemur pada pagi hari saja, untuk pemberian pakan dan Extra fooding sama dengan poin 8. lalu dikerodong sampai besok pagi.

10. Pada hari H, sebelum berangkat lomba, bersihkan kotoran, ganti buah minuman dengan yang baru, berikan jangkrik atau belalang 7-10 ekor. ulat hongkong 3-5 ekor. Tanpa dimandikan dan dijemur.


Selamat mencoba dan semoga berhasil....

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda